Monday , January 30 2023
Tips Wisata ke Jepang,

Tips Liburan Ke Jepang, Tetap Seru Dengan Biaya Terjangkau

Tips Liburan Ke Jepang, Tetap Seru Dengan Biaya Terjangkau. Setelah adanya kelonggaran karena pandemi covid-19, negara Jepang kembali menjadi trend wisatawan untuk berkunjung. Banyak destinasi wisata yang Jepang suguhkan untuk menjamu para wisatawan asing dan lokal. Adat serta budaya Jepang yang masih kental menjadikan daya tarik tersendiri bagi negara Tirai Bambu ini.

Negeri Sakura

Jepang yang merupakan salah satu negara maju yang masih sangat kental dengan peradabannya. Tak hanya pesona alamnya saja,kebudayaan di Jepang juga sangat unik. Kedisiplinan seluruh masyarakatnya sangat bagus. Tak heran bila wisatawan diseluruh dunia rela berbondong-bondong ke negeri Tirai Bambu.

Bahkan banyak destinasi wisata local di Indonesia yang mangadopsi Jepang. Arsitek serta makanan yang diusung mampu mengobati kerinduan bagi para pengunjung yang belum kesampaian pergi kenegara aslinya.

Pembatasan ketat yang disebabkan pandemi beberapa tahun membuat angka turis ke Jepang mengalami penurunan secara drastis. Namun karena sudah ada kelonggaran terhadap covid-19 maka Jepang membuka kembali turis asing yang hendak berkunjung dengan membebaskan visa turis individual mancanegara. Tak hanya itu saja banyak aturan Jepang yang dihapus untuk memulihkan wisatawan asing masuk ke negara Sakura ini.

Tips Liburan ke Jepang Agar Tetap Hemat

Berikut beberapa tips liburan ke Jepang agar liburan anda semankin nyaman dan bahagia. Karena mengingat aturan yang sangat berbeda dari Indonesia maka sebelum ke Jepang sebaiknya anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari Indonesia.

1. Dokumen

Berkunjung atau liburan kenegara lain memang membutuhkan serangkaian dokumen yang mesti anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan seperti:

1.1. Visa Kunjungan Sementara

Visa ini tujuannya supaya anda diizinkan masuk ke negara tujuan anda. Proses pembuatan visa membutuhkan 4 – 15 hari kerja dengan biaya Rp. 410.000 untuk single entry dan  Rp. 810.000 untuk  multiple entry.

Agar pembuatannya lebih cepat pastikan anda menyertakan dokumen pendukung lainnya seperti paspor, pas foto, fotokopi KTP serta bukti pemesanan tiket liburan disertai jadwal penerbangannya.

1.2. Paspor

Ada 2 jenis paspor untuk liburan ke Jepang yaitu paspor biasa dan e-paspor. Apabila anda menggunakan paspor biasa anda harus mengajukan single visa dengan masa berlaku 14 hari

Jika anda menggunakan e-paspor masa berlakunya yaitu 3 tahun, dengan keuntungan yang ditawarkan bebas visa untuk masa tinggal 15 hari. Namun bila anda menginginkan tinggal lebih lama maka, anda wajib membuat visa.

1.3. Kartu Tanda Pengenal

Selain 2 dokumen diatas anda juga perlu membawa KTP, akta kelahiran, KK, kartu kredit serta beberapa dokumen yang berkaitan dengan diri anda.

2. Tiket Pesawat dan Penginapan

Untuk memudahkan anda selama liburan di Jepang, sebaiknya tiket pesawat sudah anda persiapkan ketika masih berada di Indonesia. Baik itu tiket pesawat pergi dan pulang. Bukti pemesanan tiket pesawat sebaiknya anda cetak dan anda satukan dengan paspor dan visa, untuk memudahkan dalam mencari dan menghindari apabila ada troubel di sana.

Untuk penginapan sama halnya dengan tiket pesawat, pesanlah penginapan ketika anda masih berada di Indonesia,karena harga penginapan jauh lebih murah dila dipesan melalui online.

3. Carilah Destinasi Wisata Gratis

Agar liburan anda ke Jepang tetap ekonomis carilah destinasi wisata yang gratis seperti kuil dan landmark yang disajikan tiap kota di Jepang misalnya Taman Himawari no Sato, Asakusa, serta Kuil Meiji.

4. Beli Tiket Serta Paket Liburan Saat Promo

Salah satu tips berhemat saat kita liburan yaitu dengan mencari promo di aplikasi online. Biasanya, promo wisata baik tiket pesawat maupun paket liburan ada di bulan September.  Pemesanan tiket jauh-jauh hari minimal 3 minggu sebelum perjalanan mampu menghemat hingga 50% dari harga tiket pesawat normal.

5. Membuat Rute Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya anda membuat catatan selama perjalanan anda di Jepang. destinasi wisata apa saja yang akan anda kunjungi, serta transportasi yang akan anda gunakan. Semuanya sudah terjadwal dengan rapi agar perjalanan anda lebih menyenangkan serta menghindari bolak-balik naik kendaraan serta lebih efektif.

6. Persiapkan Barang Bawaan Anda

Cek semua barang bawaan anda sebelum bertolak ke negara Tirai Bambu. Bila anda tidak tahan dengan cuaca dingin persiapkan baju tebal. tak hanya itu saja, dizaman digital tentunya smartphone sangat berguna di negara orang. Jangan lupa perlengkapan hp anda sudah masuk ke dalam tas pribadi.

7. Beli Japan Rail Pass

Ingat. Ongkos transportasi di Jepang tergolong mahal. Maka, untuk menghemat biaya anda bias membeli Japan Rail Pass(JR Pass) yang merupakan paket transportasi kereta antar kota. Harga JR Pass untuk 7 hari yaitu Rp 3 Juta – Rp. 3,5 Juta. Dengan menggunakan kartu tersebut anda bias bebas melakukan perjalanan kemanapun selama 7 hari kedepan.

8. Belanja di Toko Serba 100 Yen

Di Jepang anda dapat dengan mudah menjumpai toko yang menjual aneka barang-barang, pernak-pernik seperti souvenir dengan membandrol harga 100 yen setiap itemnya. Ditoko tersebut juga menjual aneka camilan dan barang kebutuhan sehari-hari. Anda juga esti paham bahwa harga yang tertera pada produk belum dikenai pajak. Jadi bila anda berbelanja setiap item yang anda beli akan dikenakan pajak sebesar 8%. Atau bila anda membeli souvenir dengan harga 100 yen maka anda harus membayar 108 yen.

9. Jaga Sopan Santun

Anda harus tetap menjaga sopan santun di negara tujuan anda. Karena setiap negara memiliki tradisi berbeda. Hindari berrisik bila anda berada di tempat umum, memakai pakaian yang sopan. Serta satu hal yang tidak boleh anda lewatkan. Bila anda berbicara dengan penduduk Jepang jangan selalu menatap matanya. Usahakan untuk sering menunduk.

Baca Juga:

Itu tadi  beberapa tips liburan ke Jepang. Semoga tips diatas bias menambah wawasan anda tentang negeri Tirai Bambu. Siapkan budget anda dan dapatkan promo perjalanan anda, agar anda tetap bias berhemat selama liburan.