Monday , January 30 2023
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Karburator Serta Injeksi

Sistem Motor Karburator dan Injeksi, Kelebihan Serta Kekurangannya

Sistem Motor Karburator dan Injeksi, Kelebihan Serta Kekurangannya. Pada dasarnya kuda besi menjadi andalan transportasi masyarakat menengah kebawah saat ini. Mulai untuk bekerja, sekolah, atau hanya sebagai aat transportasi untuk berkunjung dan lain sebagainya. Patut diketahui bahwa, sistem pengabutan pada motor saat ini berkembang dengan istilah injeksi yang langsung keruang bakar dengan model sensor. Lalu apa perbedaan yang mendasar pada sistem karbu dan injeksi yang patut anda ketahui dengan seksama. Pertanyaan tersebut dapat berlanjut pada kelebihan dan kelemahan pada sistem karbu vs injeksi yang mendasar apa saja serta bagaimana menanganinya apabila motor anda terjadi trouble saat dikendarahi.

Sistem Karburator

Pada dasarnya dunia otomotif adalah memudahkan anda untuk bertransportasi dengan mudah, aman, serta nyaman. Hal tersebut menjadikan motor anda harus waras atau norlmal saat dikendarahi baik sendiri maupun berboncengan dengan orang lain. Mulai dari sitem kelistrikan juga menjadi prioritas disaat motor anda berjalan dengan kencangnya. Lalu apa yang menjadi point penting tentang sistem karburator yang patut anda diketahui yaitu mengandalkan komponen mekanis dengan manual buka tutup skep yang kepresisian antara bahan bakar serta udara tergantung pada alat mekanisnya.

Sistem Injeksi

Sedangkan dewasi ini sistem injeksi pada motor menjadi primadona yang banyak orang kendarahi. Mulai dari motor bebek, matic, dan motor kencang alias spek khusus untuk laki. Pada sistem motor injeksi yang secara mendasar adalah mencampurkan bahan bakar dan udara pada ruang bakar diakhiri kompresi dengan kepresisian yang terukur. Makna dari terukur tersebut apa? sehingga motor mampu berjalan dengan baik. Sistem injeksi pada motor bertumpu pada sistem elektronik berbagai macam sensor. Mulai dari sensor udara, bukaan gas, dan lain sebagainya yang ada pada perangkat injeksi tersebut. Sehingga disaat kompresi motor injeksi lebih presisi saat kompresi diruang bakar antara bahan bakar dan udara.

Sistem Motor Karburator dan Injeksi

Sehingga banyak orang yang bertanya bagusan mana kedua sistem tersebut pada motor. Maka akan kami informasikan kepada anda dibawah ini tentang kelebihan dan kekurangan sistem karbu dan injeksi pada motor anda.

BACA JUGA:

Komponen Karburator

  • Katup Throttle
  • Saringan
  • Venturi
  • Sistem pengukuran
  • Sistem pemalasan
  • Kamar Apung
  • Ruang Pencampuran
  • Idle dan Transfer port

Kelebihan dan Kekurangan

Motor dengan sistem karbu rentan dipagi hari dinyalakan dengan sempurna yaitu adanya perubahan cuaca yang mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara. Sehingga sulit nyala dengan presisi pada motor anda. Solusinya adalah dengan menarik tuas choke agar bahan bakar yang tercampur dengan udara semakin banyak untuk memudahkan motor nyala. Sedangkan untuk motor dengan sistem injeksi akan mudah nyala disaat terjadi perubahan suhu dipagi hari. Yaitu motor akan mudah nyala karena sistem injeksi yang memakai sensor dengan takaran yang pas tersebut.

Dari segi kebutuhan bahan bakar motor injeksi lebih irit dengan adanya sistem tersebut yang rata-rata pada motornya ada fitur penghemat bahan bakar. Sedangkan pada motor kaburator adalah tergantung pengendara membuka throttle pada gas yang mempengaruhi banyaknya bahan bakar yang masuk pada ruang bakar.

Kedua hal yang mendasar teresbut membuat perbandingan yang mencoclok pada saat terjadi aus yaitu apabila sistem injeksi mengalami kerusahan akan sulit dan mahal serta hanya bengkel resmi yang memiliki aplikasi sistem injeksi yang bisa memperbaikinya. Sedangkan karburator cenderung mudah untuk diperbaiki dan murah biayanya. Bahkan sistem karburator pada motor akan mudah dimodifikasi sesuai dengan selera.

Demikianlah pembahasan yang menarik tentang apa kelebihan dan kekurangan sistem karbu dan injeksi pada motor yang perlu diketahui. Semakin paham kan dengan penjelasan tersebut diatas. Semoga hari-hari anda saat berkendara menyenangkan dan selamat sampau tujuan. SIMAK JUGA: “Cara Hubungkan Bluetooth dari HP ke Laptop: Bisa untuk Windows 7, 8, 10 & 11”.