Monday , January 30 2023
Manfaat Joging untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Joging untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Jarang Diketahui

Manfaat Joging untuk Kesehatan Tubuh. Apa itu jogging? Jogging adalah sebuah aktivitas lari santai yang bisa dilakukan kapan pun baik pagi maupun sore hari. Biasanya, jogging dilakukan menempuh jarak kurang dari 10 km per jam. Berbeda dengan lari dilakukan di atas 10 km per jam.

Walaupun setiap orang dipenuhi dengan rutinitas dan pekerjaan masing-masing, perlu bagi setiap individu menjaga kesehatan. Joging bisa dibilang salah satu pilihan untuk mengawali pagi selain minum teh dan kopi.

Waktu yang ideal melakukan olahraga jogging adalah pagi hari karena udara masih segar sebelum mengawali aktivitas lainnya. Namun, banyak orang masih belum paham akan pentingnya olahraga pagi. Sulitnya bangun pagi menjadi sebuah alasan dan malas untuk bergerak.

Lihat Juga : Manfaat Renang untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Stress

Manfaat Joging

Ketika Anda tertantang untuk mengawali hari dengan kegiatan padat, sebaiknya juga menjaga kebugaran dengan hal-hal yang positif seperti melakukan olahraga jogging. Berikut adalah manfaat jogging yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kondisi Fisik dan Stamina

Meningkatkan kondisi fisik dan stamina adalah salah satu manfaat utama dari joging. Jogging adalah jenis olahraga kardio yang melibatkan gerakan berlari dengan jarak yang cukup jauh. Olahraga ini dapat membantu dalam meningkatkan kondisi fisik dan stamina karena melibatkan aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Jogging dapat memperkuat sistem kardiovaskular dan paru-paru, yang memungkinkan tubuh untuk bekerja lebih efisien dalam mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Ini juga dapat memperkuat otot-otot kaki, betis, dan paha, yang dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Jogging juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung serta membakar kalori yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal. Namun perlu diingat, sebaiknya melakukan olahraga dengan melakukan perencanaan dan evaluasi kondisi fisik yang baik sebelum melakukan olahraga joging.

Lihat Juga : 

2. Membakar Kalori

Manfaat joging yang kedua adalah mampu membakar kalori. Jogging adalah olahraga kardio yang intensitasnya moderat hingga tinggi yang dapat membantu dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Jogging dapat membakar kalori dengan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, yang memungkinkan tubuh untuk membakar lemak dan kalori. Jumlah kalori yang dibakar dari joging tergantung pada berat badan, intensitas olahraga, dan durasi olahraga. Namun, rata-rata orang yang berjoging dengan intensitas moderat dapat membakar sekitar 300-400 kalori dalam 30 menit.

Jogging juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat membakar kalori dengan lebih cepat, meskipun setelah selesai joging. Hal ini karena joging membuat tubuh bekerja lebih keras dan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk memulihkan diri setelah latihan.

Jogging dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan, namun perlu diingat bahwa untuk menurunkan berat badan, jumlah kalori yang dibakar harus lebih besar dari jumlah kalori yang dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Tenis Jarang Diketahui, Ternyata dapat Mencegah Resiko Osteoporosis

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jogging adalah jenis olahraga kardio yang melibatkan gerakan berlari dengan jarak yang cukup jauh. Olahraga ini dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung karena melibatkan aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Jogging dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan kapasitas darah, dan meningkatkan kondisi pembuluh darah. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Jogging juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan efisiensi jantung dan meningkatkan daya tahan jantung. Jantung yang sehat dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Meningkatkan kesehatan mental adalah salah satu manfaat dari joging. Jogging dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan produksi hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Hormon endorfin dapat meningkatkan mood dan mengurangi rasa stres dan depresi.

Jogging juga dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki kualitas tidur. Olahraga jenis ini dapat membantu dalam meredakan gejala-gejala gangguan mood seperti depresi dan ansietas.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh dan Penyebabnya

Jogging juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa tidak berdaya. Olahraga ini dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kesejahteraan mental.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Jogging merupakan jenis olahraga yang menyediakan latihan beban yang baik bagi tulang, karena saat melakukan joging, berat badan pada tulang akan di bebani dan seiring dengan berjalannya waktu akan meningkatkan densitas tulang.

Jogging dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan densitas tulang dan meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan. Ini juga dapat mengurangi risiko osteoporosis yang merupakan kondisi dimana tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Jogging juga dapat memperkuat otot-otot yang mendukung tulang seperti otot paha, betis, dan kaki, yang dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi yang baik yang dapat membantu dalam mengurangi risiko cedera.

Baca Juga: Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh, Efek Masalah Sosial dan Ekonomi

Demikianlah pengertian joging lengkap dengan manfaatnya. Semoga dengan melakukan aktivitas olahraga membuat Anda lebih bersemangat dan bugar setiap hari.