Monday , January 30 2023
Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Nomor 3 Jarang yang Tahu

Manfaat Bawang Putih Mentah – Apakah manfaat makan bawang putih? Mungkin pertanyaan tersebut pernah Anda dengar sebelumnya. Bumbu dapur bawang putih yang satu ini memang kerap digunakan untuk memasak di dapur. Namun, tahukan Anda, jika bawang putih mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Bisa kita ketahui, jika bawang putih terdapat kandungan manfaat bagi tubuh manusia. Ketika dikonsumsi, bawang putih mentah menurut beberapa penelitian memberikan khasiat dan manfaat salah satunya mampu menangkal gangguan penyakit mulai dari flu batuk, radang.

Bahkan, bawang putih juga mampu mengobati berbagai penyakit serius dalam bidang kesehatan. Diantara penyakit tersebut diantaranya kanker, kolesterol dan sebagainya. Mengkonsumsi bawang putih adalah salah satu alternatif untuk mengobati berbagai penyakit secara alami.

Manfaat Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih juga mampu menangkal berbagai penyakit. Bawang putih sangat mudah ditemukan dan dibeli di pasar. Bumbu masak yang memiliki banyak khasiat kesehatan ini jika digunakna dengan bijak akan memberi manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh dan Penyebabnya

1. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung

Mencegah dan mengatasi penyakit jantung merupakan salah satu manfaat kesehatan utama dari bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Allicin juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu dalam mencegah pembentukan trombosis (pembekuan darah) yang dapat menyebabkan serangan jantung. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Allicin dapat mengurangi produksi kolesterol oleh hati dan juga dapat meningkatkan pembuangan kolesterol dari tubuh.

Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “buruk”) dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Tenis Jarang Diketahui, Ternyata dapat Mencegah Resiko Osteoporosis

3. Mengatasi Infeksi

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan, saluran kemih, dan infeksi kulit.

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi. Allicin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi.

Studi juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan seperti flu dan infeksi saluran pernapasan akut. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi infeksi kulit seperti jamur dan bakteri.

4. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengandung senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini meliputi allicin, ajoene, dan sistein.

Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu dalam mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu dalam mencegah kanker pada orang yang memiliki risiko tinggi, seperti orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker.

Lihat Juga : Manfaat Renang untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Stress

5. Mengatasi Masalah Perut

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu dalam mengatasi masalah perut seperti diare, sembelit, dan mulas.

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bawang putih juga dapat membantu dalam meningkatkan motilitas usus dan mengurangi kembung. Bawang putih juga dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit pada perut dan mulas.

Lihat Juga : 

Namun perlu diingat bahwa bawang putih hanyalah salah satu cara untuk mengatasi masalah perut. jika anda mengalami masalah perut yang berkelanjutan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat.

Itulah lima manfaat penting mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat!