Monday , January 30 2023
Ide Tema Ruangan Rumah Cuaca Tropis

Ketahui 6 Ide Tema Ruangan Rumah Cuaca Tropis, Nomor 4 Wajib Baca

Ide Tema Ruangan Rumah Cuaca Tropis, Nomor 4 Wajib Baca. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, Anda harus terbiasa dengan cuaca panas setiap hari. Oleh karena itu, konsep desain rumah ini didasarkan pada konsep interior musim panas yang dapat membuat rumah nyaman saat cuaca panas.

Banyak orang biasanya lebih suka menggunakan perangkat seperti AC yang seharusnya digunakan di rumah untuk meredam panas. Bahkan dengan beberapa tips sederhana, Anda bisa menjaga suasana di rumah tetap sejuk dan segar.

Ide Tema Ruangan Rumah Cuaca Tropis

Berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk rumah daerah panah atau tropis agar terasa adem.

1. Gunakan Warna Cat yang Terang

Untuk membuat rumah Anda terlihat lebih keren dan segar, para desainer mengklaim bahwa pemilihan warna cat yang terang dan cerah adalah cara termudah dan termurah. Warna terang akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman, sehingga ruangan tidak akan terasa sempit dan sesak. Selain pemilihan warna, Anda bisa membuat suasana lebih cerah dan suasana ruangan lebih fresh dengan menggunakan aksen seperti sprei berwarna terang dengan bantal kursi atau bahan yang sejuk.

2. Gunakan Gorden

Kaca adalah penghantar panas yang baik. Karena 30% panas bisa masuk melalui jendela. Jadi tutuplah gorden dan kerai di siang hari untuk mengurangi panas yang terpancar melalui jendela kaca Anda.

Baca Juga: Tips Desain Dapur Rumah Minimalis agar Cantik dan Elegan

Dengan menutup akses masuk, panas matahari dapat dipantulkan ke luar untuk menjaga suhu ruangan tetap dingin. Gunakan gorden dengan bahan yang tidak terlalu tebal agar sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah.

3. Tambahkan Taman

Salah satu cara paling efektif untuk mendinginkan dan menyegarkan ruangan adalah dengan menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan. Anda bisa menempatkan tanaman dalam pot kecil di beberapa sudut ruangan.

Ini merupakan cara yang bagus untuk merasa terhubung dengan alam bebas saat Anda membawa elemen alami alam bebas ke dalam rumah Anda. Menambahkan tanaman, kecil atau besar, tidak hanya membersihkan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberikan kesan lebih terbuka. Untuk tanaman dalam ruangan, pilih jenis tanaman yang mudah perawatannya.

4. Atur Sirkulasi Udara

Ciptakan sistem sirkulasi udara yang baik di dalam rumah dengan memperbanyak bukaan. Tidak hanya sebagai jalan keluar masuk sebuah bangunan, pintu juga bisa menjadi jalan masuknya udara segar ke dalam rumah.

Pintu yang terbuka akan menciptakan aliran udara segar yang dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Selain pintu rumah, disarankan untuk rutin membuka jendela pada pagi dan sore hari. Dengan rajin mengikuti langkah ini, sirkulasi udara segar di dalam rumah akan lebih efisien.

Baca Juga: Inspirasi Desain Taman Rumah Minimalis Ukuran Kecil

5. Bangun Kolam

Dipercaya bahwa unsur air dapat meredam panas di sekitarnya dan menghadirkan suasana sejuk dan nyaman. Jadi, jika Anda memiliki rumah, tidak ada salahnya membangun kolam kecil di bagian depan atau belakang rumah. Anda juga bisa menggunakan kolam kecil atau pancuran di rumah untuk menyerap panas.

6. Desain Plafon Lebih Tinggi

Plafon peregangan membuat suhu udara dalam ruangan terasa lebih sejuk, tidak peduli seberapa panas di luar di bawah sinar matahari. Keuntungan lain dari membuat langit-langit yang tinggi adalah membuat rumah terlihat lebih luas, dan tentunya membuat ruangan tidak terlalu luas.

Baca juga: Ide Desain Kamar Anak Laki-Laki Konsep Minimalis

Demikianlah Ide Tema Ruangan Rumah Cuaca Tropis yang bisa Anda terapkan ke tempat tinggal di daerah panas.