Monday , January 30 2023
Cara Meningkatkan Peforma Motor Injeksi Agar Maksimal

Wajib Tahu 5 Cara Mudah Meningkatkan Performa Motor Injeksi

Wajib Tahu 5 Cara Mudah Meningkatkan Performa Motor Injeksi. Dewasa ini, hampir semua sepeda motor yang dijual di Indonesia kini menggunakan teknologi injeksi. Teknologi sistem bahan bakar membuat mesin lebih efisien dan bertenaga. Namun bukan berarti performa mesin injeksi tidak bisa bertahan lama karena digunakan setiap hari.

Semua mesin injeksi bisa mengalami masa dimana mesin mengalami penurunan performa. Ada banyak faktor yang mungkin belum diketahui oleh pemilik motor system injeksi. Salah satunya terkait perawatan suku cadang mesin injeksi yang tidak tepat. Komponen pada mesin injeksi berubah dan semua harus dirawat secara berkala.

Jika Anda rutin melakukan perawatan dengan tepat, komponen mesin injeksi akan bekerja lebih baik. Apabila tidak, maka sebaliknya akan mengakibatkan berkurangnya performa yang membuat mesin injeksi tidak bertenaga dan tidak enak saat dikendarai.

Motor Sistem Injeksi

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman (wikipedia).

Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi

Agar motor dengan sistem injeksi dapat beroperasi secara optimal setiap saat, suka atau tidak suka, maka diperlukan perawatan secara berkala. Ada banyak yang harus dilakukan. Yang paling umum adalah penggantian oli mesin secara teratur dan perawatan rutin. Berikut Tips memaksimalkan peforma motor injeksi yang mudah untuk dilakukan.

“Inilah 7 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh dan Penyebabnya”

Tips Performa Motor Injeksi

Saat melakukan service motor dibengkel langganan atau resmi, sebaiknya memperhatikan beberapa komponen yang perlu dicek. Inilah komponen-komponen yang sering bermasalah dan perlu penanganan tepat.

 1. Injektor

Perbedaan antara mesin sistem injeksi dan karburator adalah injektornya. Selain itu, mesin injeksi dilengkapi dengan Throttle Body yang sangat mempengaruhi performa mesin saat berakselerasi.

Kedua komponen diatas harus dirawat secara berkala agar performa tetap optimal setiap saat. Selain itu, perawatan tersebut bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tanpa disadari saat berkendara menempel pada bagian injektor dan throttle body.

2. Filter Bahan Bakar

Fuel pump dan filter merupakan komponen yang perlu dicek saat melakukan perawatan dibengkel. Keduanya harus dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan partikel asing yang dapat menurunkan performa mesin dengan sistem injeksi.

Partikel asing dapat mempengaruhi kinerja bahan bakar yang akan diambil dari pompa bahan bakar dan disaring melalui filter. Karena itu, kedua komponen untuk motor injeksi mempunyai peran terhadap performa mesin injeksi.

3. Tangki Bahan Bakar

Untuk menjaga performa mesin injeksi selanjutnya adalah melakukan cek di tangki bahan bakar dan membersihkanya dengan cara dikuras. Maksudnya agar kotoran, debu atau air tercampur masuk secara tidak sengaja ke dalam bahan bakar.

Tangki yang kotor akan mengurangi efisiensi bahan bakar yang digunakan, sehingga performa mesin tidak optimal. Selain itu, ingatlah untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi yang memenuhi standar sepeda motor sesuai spesifikasinya.

4. Filter Udara

Filter udara harus dibersihkan secara rutin untuk memastikan udara bersirkulasi ke seluruh bagian mesin dengan sempurna. Jika filter udara kotor, secara otomatis tidak dapat mengeluarkan udara segar, yang dapat menghalangi sensor yang terletak dibadan gas.

5. Aki

Tips menjaga performa motor supaya tetap prima adalah memperhatikan kesehatan aki. Hal ini karena aki adalah sumber sensor ECU dan intake manifold. Selain itu, baterai digunakan untuk menyalakan lampu, klakson, starter, dll.

Pastikan aki masih dalam kondisi baik agar motor injeksi dapat menyalurkan daya secara penuh ke seluruh komponen kelistrikan. Jika sudah sowak, lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Nah berikut ini adalah 5 komponen yang sangat mempengaruhi performa mesin dengan sistem injeksi. Lakukan perawatan rutin dibengkel resmi atau bengkel motor berpengalaman. Selamat traveling dengan motor kendaraan anda dengan selamat sampai tujuan.