Monday , January 30 2023
Maintenance Motor Bebek Mudah dan Murah

7 Cara Merawat Motor Bebek agar Tidak Mudah Mogok

7 Cara Merawat Motor Bebek agar Tidak Mudah Mogok. Pecinta dan pengendara motor bebek harus mengetahui bagaimana cara merawat kuda besi dengan baik dan benar. Tak hanya motor bebek saja, motor lain seperti motor injeksi maupun motor sport juga perlu dilakukan perawatan agar tidak mudah mogok.

Namun hal ini sering diabaikan karena mempunyai pemikiran bahwa motor masih bisa dikendarai. Motor bebek, memang masih menjadi primadona bagi banyak orang walaupun kemunculan motor injeksi matik dan lain sebagainya.

Untuk menjaga performa motor bebek perlu melakukan perawatan secara rutin. Walaupun melakukan servis mengeluarkan biaya namun hal itu demi kebaikan berkendara. Dilakukan servis adalah mengetahui bagian komponen mana yang mengalami kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan.

Motor Bebek

Motor bebek, adalah sepeda motor yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar. Desain ini kadang-kadang dikenal sebagai “step-through” di Barat. Meskipun posisi tangki bahan bakar, dan penahan percikan air pada motor bebek membuatnya mirip dengan skuter, tetapi roda, posisi mesin, dan transmisi lebih mirip dengan desain sepeda motor konvensional atau sport. Meskipun ada perbedaan dasar dalam desain, kadang-kadang motor bebek dianggap sebagai skuter di Barat, meskipun ini keliru (wikipedia).

Cara Merawat Motor Bebek

Maka dari itu, kenali motor bebek anda dengan baik dan jangan lupa untuk cek dan merawat secara kontinyu agar motor anda awet dan nyaman untuk dikendarahi.

Cara Menjaga Performa Motor Bebek

Agar tidak mudah mogok, motor bebek perlu melakukan beberapa hal setiap akan digunakan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

1. Warm Up

Tips yang pertama agar performa motor dapat berjalan dengan baik adalah memanaskan motor sebelum digunakan. Memanaskan motor sebelum digunakan sangatlah penting, meskipun motor saat ini menggunakan teknologi injector, perlu bagi anda melakukan warming up sebelum memakainya.

Untuk memanaskan motor jenis karburator sebaiknya dilakukan kurang lebih 5 sampai 10 menit. Tujuannya agar kondisi mesin terlumasi oli supaya komponen tidak terasa kasar saat berjalan.

2. Cek Kondisi Aki

Ada dua jenis aki motor, yaitu aki kering dan aki basah. Untuk motor jenis sekarang, kebanyakan menggunakan aki kering. Bagi pengguna aki kering emang jarang melakukan pengecekan.

Berbeda dengan pengguna aki basah yang memang perlu diisi setiap beberapa bulan. Apabila aki air kehabisan maka beberapa komponen seperti lampu dan klakson tidak dapat digunakan dengan sempurna.

3. Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Hal yang tidak boleh dilupakan bagi pengguna motor bebek adalah mengganti oli secara rutin. Oli sangat penting untuk menjaga performan mesin agar tidak terjadi gesekan pada komponen didalam mesin. Jika kehabisan oli, bisa membuat mesin aus yang menyebabkan turun mesin.

4. Cek Filter Karburator

Tips selanjutnya akan menjaga performa motor berjalan mulus yaitu melakukan pengecekan dibagian filter. Apabila filter bersih maka tarikan motor akan lebih enteng. Namun bila selama pemakaian, jika filter penuh dengan kotoran dan debu, maka motor sering brebet dan tarikan kurang enteng.

5. Cek Kondisi Busi

Busi mempunyai peranan penting dalam kendaraan roda dua. Ketika kondisi busi sudah tidak bagus lagi alias sudah berumur biasanya menyebabkan motor mudah brebet bahkan sering macet sewaktu-waktu karena tidak dapat memercikan api Ketika kompresi.

Fungsi busi adalah memantik api sehingga terjadi proses pembakaran diruang bakar. Kondisi busi yang baik biasanya mempunyai ciri-ciri elektroda dengan warna kecoklatan atau merah bata.

6. Membersihkan dan Melumasi Rantai

Kondisi rantai motor bebek memang perlu selalu dicek saat akan digunakan. Saat rantai motor kotor memang perlu dibersihkan secara rutin. Bahkan ketika rantai mulai kendor juga perlu dilakukan pengencangan agar enak dikendarai.

Berbeda dengan kendaraan yang menggunakan CVT belt yang letaknya berada didalam mesin. Namun untuk kendaraan yang menggunakan teknologi CVT belt juga perlu melakukan cek perawatan kebersihannya supaya pertolongan motor berjalan dengan mulus.

7. Isi Angin Ban Motor

Hal yang sering terlupakan juga bagi pemilik kendaraan roda dua atau motor bebek yaitu mengetahui kondisi angin ban motor. Saat akan dipakai sebaiknya melakukan pengecekan angin ban motor kempes atau sudah isi dengan baik.

Ban motor mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan agar motor berjalan dengan normal. Saat ban motor kempes maka laju kendaraan motor akan terganggu. Untuk itu, lakukanlan pengecekan secara rutin kondisi ban motor saat akan dipakai.

“Ketahui Modal Bisnis Jualan Baju Online dan Cara Menghitung Keuntungannya”

Itulah beberapa tips mudah menjaga performa motor bebek yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tertib lalu lintas serta memakai helm saat berkendara.