Monday , January 30 2023
Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh dan Penyebabnya

Inilah 7 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh dan Penyebabnya

Cara Mengobati Sakit Gigi. Sakit gigi adalah rasa sakit yang terasa di dalam atau di sekitar gigi. Rasa sakit ini dapat berkisar dari ringan hingga berat dan dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa hari. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti karies, infeksi gusi, kerusakan pada gigi, pulpitis, abnormalitas pada rongga mulut, dan penyakit sistemik.

Ketika seseorang mengalami sakit gigi, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua tentu akan merasa tidak nyaman. Dalam hal mencari solusi mengatasi sakit gigi, INFOTERBARU.id akan mencoba memberikan pertolongan pertama untuk meredakan nyeri pada gigi.

Ada beberapa cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan berbagai bahan alami yang aman digunakan. Bahan-bahan alami yang ada di rumah bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit gigi saat melanda.

Penyebab sakit gigi dan penanganan biasanya dicari secara online atau bertanya ke orang terdekat. Namun, untuk penyebab utama sakit gigi akan terasa nyeri terhadap panas dingin, bahkan akan terasa nyeri hebat yang menjalar ke leher, pundak hingga kepala. Gejala yang lain yang dirasakan seperti sensasi terbakar, sakit saat mengunyah, sakit saat menyentuh gigi, rasa tidak nyaman, dan bengkak.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Dampak-Nya jika Dibiarkan

Penyebab Sakit Gigi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit gigi, antara lain:

  1. Karies. Ini adalah penyebab utama sakit gigi dan disebabkan oleh akumulasi plak dan bakteri pada gigi yang menyebabkan kerusakan enamel dan dentin.
  2. Infeksi gusi. Infeksi gusi atau gingivitis dapat menyebabkan sakit gigi dan peradangan pada gusi yang mengelilingi gigi.
  3. Sensitivitas dentin. Sensitivitas dentin terjadi ketika lapisan dentin yang terletak di bawah enamel menjadi terpapar dan menyebabkan sakit gigi saat makan atau minum suhu panas atau dingin.
  4. Kerusakan pada gigi. Cedera atau kerusakan pada gigi, seperti retak atau fraktur, dapat menyebabkan sakit gigi.
  5. Pulpitis. Inflamasi atau infeksi pada jaringan pulpa gigi yang mengandung nervus dan pembuluh darah dapat menyebabkan sakit gigi yang hebat.
  6. Abnormalitas pada rongga mulut. Abnormalitas pada rongga mulut, seperti abses gigi atau cyst, dapat menyebabkan sakit gigi.
  7. Penyakit sistemik. Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, penyakit jantung, atau asma, dapat memperburuk gejala sakit gigi.

Baca Juga: Manfaat Tenis Jarang Diketahui, Ternyata dapat Mencegah Resiko Osteoporosis

Itu beberapa penyebab umum sakit gigi, namun tetap harus diperiksakan ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab pasti dan pengobatan yang tepat.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Beberapa cara untuk mengobati sakit gigi antara lain:

  1. Obat sakit gigi. Obat sakit gigi seperti ibuprofen atau aspirin dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit.
  2. Obat kumur. Obat kumur seperti chlorhexidine digluconate dapat digunakan untuk mengurangi infeksi dan meredakan sakit gigi.
  3. Kompres dingin. Kompres dingin dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan peradangan pada gigi yang sakit.
  4. Pencukuran gigi. Dokter gigi dapat membersihkan gigi yang sakit untuk menghilangkan plak dan bakteri yang menyebabkan sakit gigi.
  5. Penambalan atau tambalan. Dokter gigi dapat menambal atau menambal gigi yang sakit untuk menyegel lubang dan mencegah infeksi.
  6. Pencabutan gigi. Dalam kasus yang parah, dokter gigi dapat mencabut gigi yang sakit jika tidak dapat diperbaiki dengan cara lain.
  7. Terapi pulpa. Dokter gigi dapat melakukan terapi pulpa untuk mengobati inflamasi atau infeksi pada jaringan pulpa gigi.

Lihat Juga : 

Demikianlah apa itu sakit gigi, penyebab dan cara mengatasinya agar tidak semakin parah. Apabila sakit gigi berlangsung lebih dari 2 x24 jam segera datang ke pelayanan kesehatan terdekat.