Monday , January 30 2023
Inilah Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Dampak Nya jika Dibiarkan

Mudah! Inilah Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Dampaknya jika Dibiarkan

Cara Menghilangkan Karang Gigi. Karies gigi adalah kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang mengakibatkan kerusakan pada enamel dan dentin (lapisan di bawah enamel). Karies gigi disebabkan oleh plak yang mengandung bakteri yang menguraikan gula dan karbohidrat yang dikonsumsi dalam makanan, menghasilkan asam yang merusak enamel gigi.

Karang gigi menjadi salah satu permasalahan pada gigi yang bisa dialami siapa saja termasuk Anda jika jarang memperhatikan kesehatan gigi. Jika sudah masuk ke permasalahan yang ditimbulkan oleh karang gigi, biasanya seseorang akan merasa panik.

Banyak orang jarang yang tahu dan malas mencari informasi bagaimana cara menghilangkan karang gigi. Namun, pada kesempatan kali ini INFOTERBARU.id telah menyiapkan ulasan lengkap karang gigi agar Anda bisa melakukan langkah antisipasinya.

Pada awalnya, karies hanya menyebabkan kerusakan pada enamel, tapi jika tidak diatasi, karies akan menyebar ke lapisan di bawahnya dan menyebabkan kerusakan pada gigi yang lebih dalam.

Karies gigi dapat diatasi dengan cara menghilangkan plak dan karang dengan membersihkan gigi secara teratur, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida, dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Tenis Jarang Diketahui, Ternyata dapat Mencegah Resiko Osteoporosis

Akibat Karang Gigi jika Dibiarkan

Memang orang tidak merasakan dampak karies gigi secara langsung. Namun, Anda wajib tahu apa saja akibat kurang memperhatikan dampak karang gigi ini, diantaranya:

  1. Rasa sakit gigi yang hebat yang dapat menyebabkan kesulitan dalam makan dan tidur.
  2. Kerusakan pada gigi, yang dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh, retak, atau pecah.
  3. Infeksi gigi dan gusi yang dapat menyebar ke jaringan yang lebih dalam dan menyebabkan abses gigi atau infeksi pada tulang.
  4. Karies gigi yang tidak diatasi dapat menyebabkan kerusakan gigi yang parah dan menyebabkan kebutuhan untuk melakukan tindakan gigi, seperti pencabutan atau tindakan root canal.
  5. Dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti infeksi yang menyebar ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.
  6. Dapat menyebabkan masalah estetika, seperti gigi yang rusak atau hilang yang dapat menurunkan rasa percaya diri.
  7. Dapat menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi dan makan.
  8. Dapat menyebabkan masalah biaya, karena perawatan gigi yang diperlukan untuk mengatasi karies gigi dapat mahal.

Lihat Juga : Manfaat Renang untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Stress

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Setelah mengetahui dampat dan akibat karang gigi diatas, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi antara lain:

  1. Menjaga kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi atau interdental brush dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi.
  2. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Pasta gigi yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah karies gigi dan menghilangkan karang gigi yang sudah ada.
  3. Melakukan pemeriksaan gigi rutin. Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dapat membantu menemukan karang gigi pada tahap awal dan mengatasinya sebelum menyebar ke gigi lain.
  4. Menghindari makanan yang tinggi gula. Menghindari makanan yang tinggi gula dapat membantu mencegah karang gigi karena bakteri dalam mulut menguraikan gula menjadi asam yang merusak gigi.
  5. Menjalani perawatan profesional. Dokter gigi dapat melakukan perawatan profesional seperti scaling dan root planing untuk menghilangkan karang gigi yang sudah ada.
  6. Menjalani perawatan laser. Beberapa dokter gigi juga menawarkan perawatan laser untuk menghilangkan karang gigi yang sudah ada.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gigi Berlubang, Penyebab dan Perawatan agat Tidak Parah

Itulah ulasan yang dibahas InfoTerbaru.id mengenai dampat dan cara mengatasi karang gigi yang bisa Anda ketahui, semoga bermanfaat!